Home » , » MAKALAH Tentang IT: Mesin Pencari Google

MAKALAH Tentang IT: Mesin Pencari Google

Written By Unknown on Wednesday, June 18, 2014 | Wednesday, June 18, 2014



MAKALAH
Mesin Pencari Google

Oleh:
Nama : Handiswan
Nim : 1329040038
Kelas : PTIK 04
Pendidikan Teknik Elektro
Pend. Teknik Informatika dan Komputer
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013




KATA PENGANTAR
Puji syukur bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah mata kuliah Bahasa Indonesia yang berjudul “Dampak Teknologi bagi Kehidupan Pelajar” ini. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni Al-Qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.
Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia di program studi Pendidikan Teknik Informaitika dan Komputer, Fakultas Teknik pada Universitas Negeri Makassar. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Dr.Juanda,M.Hum selaku dosen pembimbing mata kuliah Bahasa Indonesia dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Terima kasih, dan semoga makalah ini bisa memberikan sumbangsih positif bagi kita semua.
Makassar, 24 September 2013
Penyusun

Handiswan

DAFTAR ISI
Kata Pengantar .................................................................................................. i
Daftar Isi ........................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah .................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah .............................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN ................................................................................ 2
A.    Kelebihan dan Kekurangan Mesin Pencari Google ........................... 2
B.     Proses Pencarian Data pada Mesin Pencari Google........................... 4
C.     Dampak Positif  dan Negatif Mesin Pencari Google......................... 6
BAB III  PENUTUP ........................................................................................ 7
A.    Kesimpulan ........................................................................................ 7
B.     Saran .................................................................................................. 7
Daftar Pustaka .................................................................................................. 8



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
 Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (www) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada www dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti dmoz.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.
Dibalik teknologi pencarian adalah perangkat lunak. Perangkat lunak dengan serangkaian bahasa program untuk menghitung secara simultan dengan membutuhkan sepersekian detik. Mesin pencari tradisional lebih mengandalkan seberapa sering kata muncul pada halaman web. Google menggunakan lebih dari 200 sinyal, termasuk algoritma pagerank yang merupakan hak paten Google. Sinyal ini berfungsi untuk memeriksa seluruh struktur link dari situs dan menentukan halaman yang paling penting. Setelah itu Google menganalisis kesesuaian hipertext untuk menentukan halaman yang relevan dengan pencarian khusus yang dilakukan. Menggabungkan sinyal secara keseluruhan dan relevansi query spesifik, dan menempatkan hasil pertama yang paling relevan dan dapat diandalkan atas query pengguna.
B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam makalah ini, adalah :
1.      Bagaimana kelebihan dan kekurangan mesin pencari google ?
2.      Bagaimana proses pencarian data pada mesin pencari google?
3.      Apakah dampak positif dan negatif mesin pencari google?


BAB II
PEMBAHASAN
A.   Kelebihan dan kekurangan mesin pencari google
Mesin  pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web (Haris, 2009: 73-79).
Google merupakan  mesin pencari yang menurut sebagian besar pengguna internet adalah rajanya mesin pencari. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa mesin pencari yang satu ini sangat bisa dikatakan sangat mendominasi penggunaannya. Hampir semua pengguna internet menggunakan mesin pencari google untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya. Tetapi dari kepopulerannya mesin pencari google ada mempunyai kekurangan dan kelebihan (Sarwono, 2010: 59-61).
1.      Kelebihan Google 
Tampilan  google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan (Swadik, 2011: 23).
Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.Sekarang google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul ke google.co.id. Sangat mudah dan cepat diakses (Varoelz, 2012: http://vharoelzaceh93.blogspot.com, diunduh 14 Oktober 2013).
Selain google mendukung web service, mesin pencari google mempunyai peran penting sebagai alat komunikasi. Di negara kita sendiri, Indonesia, pengguna layanan Gmail masih tergolong minoritas jika dibandingkan dengan Yahoo! yang memang seperti menjadi rajanya email di Indonesia (Jubilee, 2009:  83-85).
Sebagai sebuah layanan email yang handal, Gmail membebaskan pembuatan alamat email sehingga tidak kaku, tidak terlalu harus sesuai pengetikan karakter. Gmail tidak mengindahkan karakter titik dan huruf kapital di alamat email. Selain hal tersebut Gmail memberikan suatu kelebihan pada pemberian nama alamat email yaitu pengguna dapat melakukan penambahan karakter plus pada alamat email yang di inginkan (Annehira, 2011: http://www.anneahira.com , diunduh 14 Oktober 2013).
Google sebagai  media publikasi. Dengan adanya google seorang penulis dimudahkan dalam hal mempublikasikan suatu karya tulis ataupun website kita agar banyak user yang dapat melihat serta menjadikan sebagai bahan referensi.  (Varoelz, 2012: http://vharoelzaceh93.blogspot.com, diunduh 14 Oktober 2013).
2.      Kekurangan google.com
Pada mesin pencari, jika kita searching kadang tidak memenuhi dan menyimpang dari apa yang kita ingin cari, contohnya ; jika kita ingin mencari film yang berjudul anaconda, maka terkadang yang muncul adalah ular anaconda(binatang). hal ini menyimpulkan bahwa mesin pencari yang akurat hanya dapat diakses oleh user yang mencarinya dengan keyword khusus, jadi tidak secara umum dapat dicari dengan mudah (Yami, 2010: http://yamifendi.blogspot.com,   diunduh 14 Oktober 2013).
Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu (Budi, 2012:  103-109). 
Beberapa kendala yang sering dialami oleh user pada saat searching.
1.      Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
2.      Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
3.      Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah.
4.      Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit terindex dengan baik. (Tauhid, 2011: http://isfanl.blogspot.com,  diunduh 14 Oktober 2013).
 B.   Proses Pencarian Data pada Mesin Pencari Google
Dibalik teknologi pencarian adalah perangkat lunak. Perangkat lunak dengan serangkaian bahasa program untuk menghitung secara simultan dengan membutuhkan sepersekian detik. Mesin pencari tradisional lebih mengandalkan seberapa sering kata muncul pada halaman web. Google menggunakan lebih dari 200 sinyal, termasuk algoritma pageran yang merupakan hak paten Google. Sinyal ini berfungsi untuk memeriksa seluruh struktur link dari situs dan menentukan halaman yang paling penting (Andre, 2012: http://lenterakecilku.blogspot.com diunduh 4 November 2013).
Google mampu menganalisis kesesuaian hipertext untuk menentukan halaman yang relevan dengan pencarian khusus yang dilakukan. Menggabungkan sinyal secara keseluruhan dan relevansi query spesifik, dan menempatkan hasil pertama yang paling relevan dan dapat diandalkan atas query pengguna (Richard, 2005:  27).
Berikut ini secara garis besar langkah-langkah Cara Kerja Mesin Pencari Google secara urut menurut nomor:
1.      Apabila user menulis blog, memperbarui situs, atau menambahkan konten ke situs
2.      Google bot merangkak pada situs untuk menemukan posting Anda
3.      Setelah merangkak halaman akan diindeks dalam hitungan detik
4.      Google memperkirakan domain dan otoritas keseluruhan halaman berdasarkan link
5.      Halaman diperiksa terhadap kebijakan editorial
6.      Hukuman diterapkan dan setiap halaman, sekarang Google memiliki banyak daftar data terlampir untuk membantu kepentingan pengguna
7.      Query Pengguna Google
8.      Google menyarankan kata kunci didasarkan pada apa yang telah diketik beberapa karakter.
9.      Google menggunakan sinonim untuk mencari kata-kata serupa untuk menyertakan dalam permintaan pencarian.
10.  Hasil set awal dibuat
11.  Hasil set diurutkan berdasarkan kewenangan dan pagerank, dan halaman duplikat dihapus
12.  Penyaring diterapkan
13.  Hasil organik ditampilkan
(Haris,2012: http://akharisyuli.blogspot.com, diunduh 4 November 2013)
 C.   Dampak Positif dan Negatif Mesin Pencari Google
Dengan adanya mesin pencari pengguna internet dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari hanya dengan mengetikan kata kuncinya, dapat menaikkan traffic dari sebuah web dan dalam sebuah kasus Google juga membantu seorang pria yang bernama Dr. Scott Becker, seorang pria yang bermukim di Atlanta, Amerika Serikat, reuni dengan puterinya yang telah terpisah 30 tahun berkat pertolongan dunia maya. Dengan adanya layanan google seperti Google erath dapat membantu ahli geologi, maupun orang-orang lainnya untuk dapat melihat lokasi yang dicari menambah pengetahuan mempercepat pencarian informasi yang jelas beserta gambarnya. (Alverrocker,2011: http://alverrocker.wordpress.com, diunduh 8 November 2013)
Namun, tanpa kita tahu ternyata google sebagai search engine juga memiliki dampak negatif. Tanpa kita sadari kita hanya focus kepada kesempurnaan dan kecanggihan google. Padahal di balik itu ada kenyataan bahwa google memiliki dampak yang kurang baik. Kecanggihannya yang memudahkan kita untuk mencari sesuatu membuat kita merasa dimanjakan. Kita tidak perlu lagi bersusah payah mencari buku untuk membaca materi yang kita inginkan. Secara praktis kita hanya tinggal membuka google dan mengetikkan kata yang kita inginkan. (Pinasthika, 2013: http://yulipinasthika.wordpress.com, diunduh 8 November 2013).
Dampak negatif lain yang disebabkan oleh mesin pencari google adalah penyuspun ke arsip – arsip rahasia di dunia maya, konten pornografi yang tidak di filter, sehingga dapat diakses semua kalangan, pempublikasian data–data rahasia yang terkadang tersaring dan masuk dalam fitur pencarian di google. Dengan informasi yang sangat luas yang bisa diakses dengan bebas, membuat beberapa orang tidak berusaha bekerja kers untuk mendapat sebuah informasi tugas sekolah, kuliah. Terlalu terbuka dalam menghimpun informasi. (Abdillah, 2011: http://shufy-abdillah.blogspot.com diunduh 8 November 2013).
Sekarang banyak anak yang mengandalkan Google untuk menyelesaikan masalah. Sebagai contoh apabila ada tugas dari sekolah  banyak anak yang mencari jawabannya di Google. Dengan demikian Kreatifitas anak lama-lama bisa mati karena setiap ada tugas maupun masalah, anak selalu mengandalkan Google. (Purnamadwi,2013: http://purnamadwi.blogspot.com, diunduh 8 November 2013).



BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Berdasarkan pemabahasan diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
·         Kelebihan dan kekurangan mesin pencari google: Kecepatan dan kemudahan google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Cach menghemat waktu pencarian dan menampilkan informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan.
·         Google mempunyai kekurangan; Mudah diserang oleh hacker, Terkadang apa yang dicari tidak sesuai dengan pencarian yang didapatkan, Terkadang muncul situs yang mengandung virus
·         Cara kerja mesin pencari google, dimulai dengan satu daftar URL halaman web, yang dihasilkan dari proses pencarian sebelumnya, dan ditambahkan data peta situs (sitemap) yang disediakan oleh pengelola web (webmaster). Google mendeteksi semua link pada masing-masing halaman dan menambahkannya pada daftar halaman yang akan dijelajahi.
·         Mesin  pencari google memberikan banyak manfaat  kepada penggunanya, seperti memudahkan seseorang dalam mencari dan mendapatkan informasi. Selain itu, mesin pencari google banyak membantu pelajar untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Namun disamping kelebihan itu, mesin pencari google juga menimbulkan banyak dampak negatif kepada para penggunanya.
 B.   Saran
Berdasarkan pembahasan diatas, maka saran penulis adalah:
·         Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh mesin pencari google, maka hendaknya kita memanfaatkan sebaik-baiknya.
·         Jangan terlalu mengandalkan mesin pencari google, karena dapat membuat kemalasan dan ketergantungan sehingga menurunkan kreativtas.
·         Hindarilah penggunaan mesin pencari google untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.


DAFTAR PUSTAKA
Abdillah. 2011. “Dampak Positif dan Negatif New Media”. http://shufy-abdillah.blogspot.com diakses 8 November 2013.
Agung, Leo.  2009. Student Boot Series Ber-Internet dengan Yahoo. Madiun : Madcoms.
Alverrocker. 2011. “Dampak positif dari oom Google” http://alverrocker.wordpress.com, diakses 8 November 2013.
Andre. 2012. “Search Engine” http://lenterakecilku.blogspot.com, di akses 4 November 2013).
Annehira. 2011. “Gmail” http://www.anneahira.com , di akses 14 Oktober 2013.
Budi, Ferdinand Kurniawan. 2012.  Most Wanted of SEO (Search Engine Optimization). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Elcom. 2012. Tips dan Trik Series Google. Yogyakarta: Andi publisher.
Hari. 2011. “Manfaat Google”. http://beritaunik75.blogspot.com, diakses 14 Oktober 2013.
Haris. 2009. Trik Jitu Google. Bandung: Grasindo.
Haris. 2012. “Cara kerja Search Engine”. http://akharisyuli.blogspot.com, diakses 4 November 2013).
Haryanto, Rudy. 2007. Cerdas Jelajah Internet. Surakarta: Kriya Pustaka.
Jubilee. 2009. Trik Cepat Menguasai Google. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Lutfi. 2012. “Google dan Pendidikan”. http://galeriox.blogspot.com, diakses 14 Oktober 2013).
Pinasthika. 2013. “Negatifnya Google Sebagai Seacrh Engine”. http://yulipinasthika.wordpress.com, diakses 8 November 2013.
Purnamadwi. 2013. “Dampak Negatif Google Pada Anak”.  http://purnamadwi.blogspot.com, diakses 8 November 2013.
Richard. 2005. Pemanfaatan Search Engine sebagai Sarana Penunjang Belajar. Yogyakarta: Andi publisher
Sarwono, Jonathan. 2010. Search Engine. Yogyakarta: Andi Publisher.
Subekti. 2012. “Google & Iptek”. http://subekti.com, diakses 14 Oktober 2013.
Suhartono. 2009. Teknologi Informasi Komunikasi SMA XI. Jakarta: Grasindo.
Sulianta, Teri. 2010. Search Engine Pilihan untuk Berbagai Kebutuhan. Jakarta: Alex Media Komputindo.
 Swadik. 2011. Penjelajah Internet. Bandung: Pakar raya pustaka.
Tauhid. 2011. “Kendala Admin Google”. http://isfanl.blogspot.com,  diakses 14 Oktober 2013.
Varoelz. 2012. “search google” http://vharoelzaceh93.blogspot.com, diakses 14 Oktober 2013.
Yami. 2010. “Kekurangan Google” http://yamifendi.blogspot.com,  diakses 14 Oktober 2013.


Share this article :

10 komentar:

Like Us On Facebook

Followers

Labels

New Post

Popular Posts

 
Support : Your Link
Copyright © 2013. Handiswan Blog - All Rights Reserved
Template Created by Handiswan Published by Handiswan Blog
Proudly powered by Blogger